Praktik Terbaik SEO: Cara Membuat Deskripsi Meta yang Luar Biasa

Praktik Terbaik SEO: Cara Membuat Deskripsi Meta yang Luar Biasa

Seperti apa deskripsi meta yang bagus? Temukan praktik terbaik penulisan dan pengoptimalan untuk membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi dalam penelusuran.

Deskripsi meta selalu menjadi pengoptimalan yang penting. Meskipun mereka tidak membantu peringkat, mereka membantu dengan tujuan lain seperti meningkatkan rasio klik-tayang dengan menggoda orang untuk mengklik daftar Anda daripada yang lain yang mungkin tidak begitu menarik.

Deskripsi meta dianggap sebagai sinyal tidak langsung, karena tidak secara langsung memengaruhi peringkat pencarian.

Tetapi apakah ini berarti Anda harus mengabaikannya sebagai bagian dari upaya SEO Anda? Benar-benar tidak!

Di sini, Anda akan belajar cara membuat deskripsi meta mengagumkan yang membantu mesin pencari memahami konten halaman Anda dan menginspirasi pencari untuk mengklik dan mengunjungi situs web Anda.

Apa Itu Deskripsi Meta?

Deskripsi meta adalah tag HTML yang memberikan deskripsi kepada mesin pencari dan pencari tentang halaman tersebut. Ini ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari (SERP) di bawah judul halaman.

Deskripsi Meta Vs. Cuplikan SERP

Beberapa orang secara keliru menggunakan istilah "deskripsi meta" dan "cuplikan pencarian" secara bergantian. Tetapi deskripsi meta dan cuplikan pencarian adalah dua hal yang berbeda.

Deskripsi meta adalah tag HTML yang Anda kendalikan. Anda dapat membuat dan mengoptimalkan deskripsi meta Anda sendiri.

Cuplikan penelusuran adalah deskripsi yang ditampilkan Google untuk laman web Anda. Itu bisa berupa deskripsi meta yang telah Anda buat, atau bisa juga sesuatu yang sama sekali berbeda. Google mengontrol ini.

Mengapa Google tidak menggunakan deskripsi meta Anda? Bergantung pada kueri penelusuran, Google dapat membuat deskripsi untuk halaman web Anda yang sepenuhnya berbeda dari deskripsi meta yang Anda buat. Ini bukan hal baru. Google mengotomatiskan proses ini bertahun-tahun yang lalu.

Menurut studi mendalam baru-baru ini yang dilakukan oleh Yoast:

Google menulis ulang banyak cuplikan pencarian sendiri, untuk membantu mencocokkan kueri pencari dengan lebih akurat.

Dalam dua pertiga kasus yang mereka periksa, Google menggunakan kalimat dari paragraf pertama untuk membuat cuplikan pencarian. Tentu saja, ini tidak berarti Google akan melakukan hal yang sama untuk situs Anda, tetapi ada indikasi bahwa pengantar artikel setidaknya harus mempertimbangkan apakah itu akan menjadi alternatif yang baik untuk deskripsi meta.

Perbedaan antara deskripsi meta dan cuplikan pencarian adalah hal yang penting, terutama ketika Google membuat pengumuman – seperti ketika Google memperluas panjang cuplikan pencarian (hanya untuk mempersingkat cuplikan sekitar enam bulan kemudian).

Mengapa Deskripsi Meta Penting Untuk SEO?

Karena banyak faktor peringkat lainnya ikut bermain, deskripsi meta menjadi kurang berdampak dan tidak lagi digunakan sama sekali dalam peringkat. Faktanya, Google mengkonfirmasi pada tahun 2009 bahwa sementara informasi meta telah digunakan oleh mesin pencari dalam peringkat di hari-hari awal Google, itu telah didevaluasi jauh sebelum itu.

Jadi bagaimana mereka digunakan hari ini?

Deskripsi meta dapat membantu mendorong klik, lalu lintas, konversi potensial, dan pendapatan dengan:

Meningkatkan RKPT situs di SERPs : Ada penelitian selama bertahun-tahun yang mendukung gagasan bahwa deskripsi meta yang ditulis dengan baik dan dioptimalkan dengan benar dapat meningkatkan RKT Anda. Sistrix merilis laporan yang menunjukkan ketika SERP menyertakan cuplikan unggulan, RKT untuk posisi satu turun rata-rata 5,3% , misalnya.

Lalu lintas berkualitas lebih tinggi : Semakin tinggi SERP Anda, semakin besar kemungkinan Anda akan mendapatkan klik yang pada gilirannya menghasilkan lebih banyak lalu lintas berkualitas tinggi. Zero Limit Web mengungkapkan bahwa 81,3% pencarian menghasilkan klik organik halaman 1 Google. Dan hasil dari 6 hingga 10 hanya menyumbang 3,73% klik.

Konversi potensial : Membuat deskripsi meta yang ditulis dengan baik yang terkait erat dengan topik halaman, menarik bagi pengguna, dan sangat dioptimalkan untuk maksud pengguna dapat meningkatkan konversi dari penelusuran ke situs Anda secara signifikan.

Berapa Panjang Meta Description yang Direkomendasikan Atau Ideal?

Ini telah dianggap sebagai praktik terbaik SEO standar selama bertahun-tahun untuk menjaga deskripsi meta di sekitar 160-165 karakter maksimum (atau 156-160 karakter, tergantung pada siapa Anda berbicara).

Alasan di balik ini adalah bahwa pengoptimalan ini membantu menghindari pemotongan deskripsi meta di SERP dan sebagai hasilnya, membantu membatasi rasio pentalan.

Lakukan pengujian Anda sendiri. Cari tahu persis apa yang berhasil untuk situs Anda.

7 Tips Menulis Deskripsi Meta & Praktik Terbaik

Teliti Pesaing Anda

Terlepas dari industri Anda, penelitian SERP akan membantu Anda melihat apa yang berhasil untuk pesaing Anda – dan itulah yang harus Anda kalahkan.

Pantau SERP yang relevan selama beberapa hari, minggu, dan bulan ke depan.

Nilai dengan tepat deskripsi meta mana yang muncul di posisi teratas, di mana Anda ingin menentukan peringkat.

Untuk melakukan penelitian SERP secara efektif:

Langkah 1: Teliti SERPs Untuk Kata Kunci Target Anda

Lebih sudah diucapkan daripada dilakukan, saya tahu. Mungkin memakan waktu untuk menelusuri setiap hasil pencarian secara manual dan mengidentifikasi apa, tepatnya, kryptonite pesaing Anda.

Alasan mengapa kami melihat kompetisi adalah karena biasanya kompetisi menerapkan teknik yang sedang berjalan.

Langkah 2: Teliti SERPs Untuk Kompetisi Anda Dan Apa yang Mereka Lakukan

Di sini, Anda melihat pesaing Anda dan mencari tahu persis apa yang mereka lakukan untuk merek mereka.

Langkah 3: Letakkan Mereka Bersama Dalam Spreadsheet, Dan Lacak Mereka

Menggunakan ekstensi SEO Quake Google Chrome , Anda dapat mengekspor Google SERPs ke Excel Spreadsheet dengan cukup cepat dan efisien. Ini akan memungkinkan Anda menghitung jumlah pesaing Anda dan melacaknya dengan mudah dan efisien setiap bulan, tanpa biaya bulanan yang besar.

Petakan Perjalanan Pelanggan Anda

Identifikasi perjalanan pembelian optimal audiens target Anda dan apa yang terjadi di setiap tahap saluran pemasaran.

Corong pemasaran dapat sangat bervariasi tergantung pada target pasar Anda, jadi berbagi corong yang tepat untuk diikuti di sini akan sia-sia. Targetkan dan sesuaikan deskripsi meta Anda sesuai dengan temuan Anda.

Gunakan Nada dan Gaya Unik Merek Anda

Setiap merek harus memiliki nada suara yang unik, konsisten dengan identitas mereknya; ini adalah bagaimana merek muncul secara online kepada pengguna.

Setiap deskripsi meta harus dibuat secara unik dan disesuaikan dengan bagaimana nada suara itu memperkuat dirinya sendiri di seluruh ekosistem merek.

Anda tidak akan menggunakan nada suara yang sama untuk situs web hukum perusahaan seperti yang Anda gunakan untuk situs web penitipan anak, bukan?

Jadi mengapa Anda menggunakan nada suara yang persis sama dari halaman ke halaman?

Manfaat utama nada suara adalah menjangkau persona berbeda yang menargetkan kata kunci tertentu.

Dengan menargetkan persona dengan maksud pengguna dan menggabungkan kata kunci dengan penelitian ini, adalah mungkin untuk menjangkau audiens target Anda dengan tingkat kecanggihan dan pengoptimalan yang benar-benar beresonansi.

Sertakan Kata Kunci yang Sebenarnya Dicari Audiens Anda

Google terus mempertahankan bahwa mereka tidak menggunakan kata kunci dalam deskripsi meta untuk tujuan peringkat. Tetapi ketika Anda melakukan penelitian SERP, apa yang Anda lihat? Kata kunci yang disorot dalam deskripsi meta.

Ini bukan bukti konklusif bahwa Google menggunakannya, tetapi ini adalah sesuatu yang dapat menarik pembaca Anda ke hasil yang paling relevan yang akan memuaskan permintaan mereka.

Jika deskripsi meta Anda memenuhi maksud mereka lebih baik daripada hasil lain yang muncul, Anda akan memenangkan klik.

Manfaatkan Berita Utama Sosial Trending

Sebagai penikmat media sosial, kemungkinan besar Anda sedang naik daun di industri Anda dalam hal mengidentifikasi dengan tepat apa yang sedang tren dan apa yang tidak berhasil untuk audiens Anda.

Mengikuti akun influencer dan perusahaan industri seharusnya sudah menjadi bagian dari strategi Anda.

Selangkah lebih maju, nilai topik mana yang sedang tren di ruang Anda dan lihat deskripsi meta apa yang muncul untuk hasil peringkat tertinggi.

Google Trends, BuzzSumo, dan Trending Topics di Twitter adalah tempat yang baik untuk memeriksa dan melihat apa yang mungkin sedang tren yang relevan dengan industri Anda.

Targetkan Maksud Pencarian Tertentu

Deskripsi meta umum dan frasa kosong seperti "widget terbaik" dan omongan penjualan lainnya dapat mematikan calon pelanggan.

Penting untuk menginspirasi keyakinan bahwa hasil Anda adalah sesuatu yang akan memuaskan niat pengguna mereka untuk kueri.

Anda ingin berbicara tentang apa yang sebenarnya diinginkan pembaca Anda, bukan berusaha membujuk mereka ke dalam saluran penjualan Anda sendiri.

Segarkan Deskripsi Meta Anda Pada Konten Lama

Menyegarkan konten basi di situs web dapat menjadi keuntungan bagi situs dan merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan daya tarik baru untuk halaman lama.

Juga, dengan menyegarkan deskripsi meta Anda, dimungkinkan untuk mendapatkan lebih banyak daya tarik dari media sosial sebagai hasilnya. Anda dapat membagikan ulang dan mendapatkan lebih banyak visibilitas dari posting lama jika Anda melakukan penyegaran sistematis semua deskripsi meta Anda.

Contoh Deskripsi Meta Hebat

Jadi seperti apa deskripsi meta yang bagus?

Berikut adalah beberapa contoh:

“Rasa sakit dan penderitaan sangat nyata bagi korban dalam kasus cedera pribadi. Pelajari lebih lanjut tentang cara mengurangi ketidaknyamanan dari pengacara cedera pribadi kami di posting blog terbaru ini.

“Dengan berpikir jernih tentang kebutuhan Anda, adalah mungkin untuk menemukan komputer yang akan membantu Anda melakukan semua hal yang saat ini Anda sukai, dan banyak lagi. Teknisi kami menjelaskan.”

“Apa yang kamu cari di widget? Teknisi widget kami dapat membantu Anda menemukan yang terbaik untuk kebutuhan Anda. Ini adalah hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam widget.”

Tidak semua jenis deskripsi meta akan bekerja dengan baik untuk setiap industri. Di sinilah menguji, menilai hasil Anda, dan membuat perubahan berdasarkan hasil tersebut.

Sesuaikan deskripsi meta Anda dengan situs web dan turun ke halaman yang dirancang untuk pengguna Anda. Dan selalu ingat niat pengguna saat mengintegrasikan pengoptimalan di atas.

Mengoptimalkan Meta Description Membutuhkan Menyeimbangkan

Semua ini harus dilakukan sambil juga mengamati batas karakter, merek dan nada suara yang tepat, dan pengoptimalan yang ditargetkan untuk halaman tertentu.

Ini adalah keseimbangan halus yang harus dipertahankan sambil juga menjalin elemen SEO umum.

Jika hanya ada satu hal yang Anda ambil dari bab ini, saya harap ini: selalu tulis deskripsi meta Anda dari sudut pandang meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan informasi yang bermanfaat.

Itulah yang paling baik dilakukan oleh deskripsi meta.

Mereka tidak akan membantu Anda peringkat lebih tinggi dalam pencarian, tetapi dapat membantu Anda memenangkan lebih banyak klik dari pencarian dengan menunjukkan kepada pengguna nilai yang ditawarkan halaman Anda. 

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Praktik Terbaik SEO: Cara Membuat Deskripsi Meta yang Luar Biasa"

Post a Comment